Selasa, 04 Desember 2012

Pesan buat Sidede

Pagi ini begitu sampai kantor, rasanya langsung pengen curhat dan nulis ke blog, ngeluarin semua uneg-uneg yang barusan dialamin pasca perjalanan menuju kantor, gimana nggak coba  sebagai ibu hamil yang memasuki bulan keenam, saya terpaksa deh berdiri di bis dari bekasi sampai salemba,kebetulan kantor saya yang letaknya di daerah jalan medan merdeka Jakarta pusat,itupun baru dapat duduk setelah ada penumpang yang kebetulan turun di Salemba.Berdiri  di bis sampai depan kantor memang  hal yang saya anggap biasa sih , dari sebelum hamil pun sering saya alami. Hamil 1 bulan sampai 3 bulan pun masih tetap saya alami, karena kondisi si perut yang belum kelihatan mungkin  para penumpang yang lain pun tidak menyadari kalau saya memang sedang hamil dan itu sangat saya maklumi dan wajar. Angkutan Bis AC memang menjadi alternatif ke kantor saat saya sedang ditinggal suami pergi untuk dinas keluar kota, karena berhubung aksesnya yang mudah pas depan kantor. Saat  kehamilan ini udah menginjak 4 sampai 6 bulan  dan si dede mulai kelihatan menonjol  pun  hal yang sama juga tetap saya alami, tiap naik bis tetap  jarang yang menawarkan tempat duduk, walaupun notabenenya penumpangnya rata-rata ibu-ibu  , hadeuhh (Membuat saya pengan nangis .. Hikss). Kadang saya pas naik sempat tuh  ada ibu-ibu yang liat perut saya tapi habis itu dia pura-pura tidur  (apa pikiran saya aja ya yang Shuudzon )hehehe. Kadang sih saya berpikir mungkin mereka yang duduk juga mungkin ga ngeh kalau saya  lagi hamil atau mereka juga memang merasa sangat capek jadi memang enggan memberkkan tempat duduk buat ibu Hamil yang berdiri didepanya. Bahkan Bapak-bapaknya pun ga kalah cuek lho. Pernah saya berdiri didepan Bapak-bapak yang lagi duduk dan  masih muda diapun cuek aja, sampai ada ibu-ibu yang berdiri menegurnya dan memberikan kursinya untuk saya  (Menggaruk Kepala).

Entah perasaan capek atau tidak peka ataupun cuek ya sikap para pengguna sarana  transportasi umum sekarang, kok kalau saya perhatikan jadi sadis banget ya. Kadang saya mikir apa ibu-ibu itu tidak pernah merasakan hal serupa yang saya alami ataukah mereka berpikir “Lha wong dulu saya hamil berdiri juga kuat-kuat aja” (Tepok  jidat ). Pernah waktu saya naik bis, kondisi bis walupun itu AC sangat penuh sekali, terpaksa saya duduk  di deket supir pakai alas  Koran yang ditawarkan supir bis yang  tahu si supir kalau saya hamil,saat saya nengok kearah belakang ada seorang ibu duduk berdua dengan si balita yang mungkin berumur 3 atau 4 Tahunan, yang sebenarnya sibalita tersebut masih bisa dipangku,namun sepertinya ibu itu pura-pura tidak melihat saya (Miris rasanya) padahal saya duduk ngedeprok didepanya. Saya memang paling gak mau yang namanya meminta duduk sama orang, karena kesanya kok saya memelas banget ya, paling hal itu saya lakukan kalau benar-benar saya udah ga kuat.

Disamping ada orang cuek terhadap ibu Hamil yang berdiri disaat didalam angkutan umum, tetapi setidaknya masih ada beberapa orang yang peduli dan memberikan tempat duduk buat saya, Pernah ada seorang Bapak-bapak yang tidak dapat duduk namun dia sangat berusaha mencarikan tempat duduk buat saya, sampai-sampai dia menghampiri bapak-bapak dan mencarikan tempat duduk buat saya, sampai saat saya turunpun dia memberi tahu sang supir agar pelan-pelan saat saya turun dari bis (membuat saya terharu rasanya). Bahkan ada bapak-bapak juga saat saya ingin naik bis dia memberhentikan bis dan mempersilahkan saya masuk sampai memastikan bis memang benar-benar berhenti. Kalau  dari hal yang saya alami, Pengguna Bis AC biasa sama Bis Transjakarta kok lebih peka para pengguna BIs Transjakarta ya, karena setiap saya naik Bis transjakarta selalu ada yang memberikan tempat duduk buat saya, bahkan kadang satgas bisnya yang mencarikan tempat duduk. Tapia ada beberapa juga sih yang cuek, dan harus di tegur sama penumpang lainya, yah tapi agak mendinganlah.

Hikmah dari semua itu buat saya  adalah  membuat saya lebih  peka dan mengajarkan sesuatu agar  jangan cuek terhadap keberadaan bumil-bumil yang berdiri di angkutan umum deh, Berat boo.. kasihan bawa beban kemana-kemana, belum lagi ditambah kondisi kehamilan yang belum tentu sedang fit.


Dan pesan untuk Sidede  yang masih di dalam perut  “ Nang nanti kalau  kamu dewasa  sayangi bunda ya ,jadilah anak yang peka terhadap lingkungan sekitarmu,rajinlah menolong oranglain dan jadilah anak yang sholeh ya” Ammin...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar